Siram Bumi

Siram Bumi

sirambumi

Heni Yuliastuti, 2013. “Siram Bumi” (Presentasi ‘Dream Building’ dan Kemitraan): Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Prosefi (LPP) Graha Wisata dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat. Karya Nyata. Pengelola Kursus. LPP Graha Wisata. Kota Semarang, Provinsi Jawa tengah.

Kata kunci : kepercayaan masyarakat, Lembaga Pendidikan Profesi, siram bumi, strategi pemasaran.

Manusia perlu perubahan, karena dengan perubahan menandakan bahwa manusia itu ada, maju dan berkembang, baik teknologi maupun budayanya. Dengan membangun impian, maka perubahan akan terjadi, karena impian itu memicu terjadinya perubahan. Membangun sebuah impian jangka panjang merupakan visi besar dalam menjalankan sebuah kehidupan. Dengan berani bermimpi besar, maka tujuan hidup akan menjadi lebih terarah dan akan mudah mendapatkan langkah-langkah yang tepat dalam menjalankan sebuah roda kehidupan.
Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan. Agar pemasaran menjadi efektif, pengelola LKP harus memiliki inovasi dan kerja sama yang saling menguntungkan (link and match). Metode “Siram Bumi” (Presentasi “Dream Building” dan Kemitraan) merupakan strategi pemasaran dimana Lembaga ingin memberikan kontribusi terhadap sekolah, sehingga tidak hanya semata-mata mensosialisasikan Program yang ada di LKP, tetapi lebih dari itu yaitu dapat memberi manfaat kepada pihak-pihak yang menjadi mitra kerja.
Penerapan strategi “Siram Bumi” di LPP Graha Wisata untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat baik calon peserta didik, user maupun pihak sekolah sangat efektif dan efisien. Terbukti dengan banyaknya pihak sekolah yang berkenan menyediakan waktu bagi LPP Graha Wisata unutk melakukan pressentasi, melaksanakan pendaftaran kolektif dan banyaknya user (dunia industri) yang memberikan informasi lowongan pekerjaan.
Salah satu kendala yang dihadapi team marketing adalah apabila terjadi penjadwalan dari pihak sekolah yang tidak sesuai dengan rencana awal, sehingga terjadi jadwal yang bersamaan antar satu sekolah dengan sekolah lain. Hal ini mengakibatkan presentasi tidak bisa dilaksanakan secara maksimal. Namun demikian banyak pula faktor pendukung dalam pelaksanaan strategi Siram Bumi diantaranya; team marketing yang solid dan materi motivasi yang membangkitkan semangat belajar dan keyakinan peserta didik.
Lembaga Pendidikan Profesi sudah seharusnya melakukan strategi pemasaran secara terus menerus dan berkelanjutan, karena pemasaran merupakan salah satu hal yang terpenting dalam upaya mencapai visi, misi dan tujuan Lembaga. Oleh karena itu, sebagai pengelola LKP harus memiliki inovasi dan kreatifitas yang tinggi dalam mengembangkan Lembaganya sehingga akan mudah menyikapi berbagai peluang dan menghadapi tantangan di era AFTA. Dukungan dari berbagai pihak sangat diperlukan, agar lebih dapat memberikan kemanfaatan yang luas.

Baca selengkapnya:

Share this post