UJI KOMPETENSI PROFESI

UJI KOMPETENSI PROFESI

UJI KOMPETENSI PROFESI

  1. SEKILAS TENTANG UJI KOMPETENSI

Ujian kompetensi bagi siswa/ pelajar merupakan pelaksanaan penilaian berbasis kompetensi untuk mendapatkan pengakuan atas kemampuannya, karena ujian kompetensi merupakan kesempatan untuk menampilkan kemampuan yang dikuasainya dan promosi kerja di hadapan para penguji yang berasal dari dunia usaha/ dunia industri, para pakar di bidangnya maupun asosiasi profesi.

Siswa dikatakan lulus uji kompetensi jika sudah melaksanakan uji kompetensi keahlian meliputi uji kompetensi praktik dan uji kompetensi teori. Uji kompetensi teori digunakan untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman siswa, sedangkan uji kompetensi praktik berfungsi untuk mengukur kemampuan siswa. Tempat pelaksanaan uji kompetensi dapat dilaksanakan di sekolah, industri maupun di institusi pasangan yang dinyatakan layak oleh pemerintah daerah.

Adapun fungsi uji kompetensi untuk siswa/ pelajar adalah:

  • Salah satu alat ukur keterserapan diklat yang telah berlangsung dari awal hingga akhir sekolah, sehingga seorang dianggap mampu menguasai materi pembelajaran kompetensinya bila telah lulus dari Uji Kompetensi
  • Uji Kompetensi adalah pengakuan diri atas kemampuan pada bidang kompetensinya, bahwa peserta didik yang telah lulus Uji Kompetensi akan diakui kompetensinya yang dibuktikan dengan sertifikat yang diterimanya
  • Uji Kompetensi merupakan penghargaan dan pengakuan peserta didik dan pendidik atas proses kegiatan belajar mengajarnya oleh dunia kerja hal ini dapat terlihat dengan ujian yang melibat dunia usaha/dunia industri, asosiasi profesi dan para pakar dibidangnya
  • Uji Kompetensi adalah pintu masuk kedunia kerja, sesuai dengan tujuan pendidikan di sekolah yaitu mendidik tenaga trampil dan mandiri tingkat menengah, maka sertifikat hasil uji kompetensi yang diketahui oleh dunia kerja dapat digunakan untuk melamar pekerjaan, yang dapat meyakinkan dunia usaha dan industri akan kemampuan si pelamar.
  • Bagi dunia usaha, misalnya hotel sudah menjadi syarat harus memiliki 50% karyawan yang sudah memiliki sertifikat uji kompetensi, tentu keuntungan tersendiri bagi siswa kedepannya.

 

  1. INFO PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI

Kedepannya Uji Kompetensi akan dijadikan sebagai salah satu syarat kelulusan bagi peserta didik yang sedang belajar di LPP Graha Wisata Semarang. Dengan harapan lulusan akan memiliki daya saing yang handal di dunia kerja. Menyambut hal tersebut, LPP Graha Wisata Semarang bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) membuka kesempatan bagi siswa-siswi yang sudah atau sedang melaksanakan OJT  serta alumni untuk mengikuti Uji Kompetensi yang akan dilaksanakan tanggal 7 dan 8 April 2016 kompetensi perhotelan semua departemen.

Bagi siswa dan alumni yang berminat mengikuti Uji Kompetensi, segera daftarkan diri kalian, datang langsung ke Graha Wisata atau hubungi Bapak Hafid di 087832897765, GRATIS peserta TERBATAS untuk 20 orang. Bagi siswa dan alumni sudah mendaftar diharapkan kehadirannya pada tanggal 5 April 2016 pukul 09.00 WIB di LPP Graha Wisata Semarang untuk pembekalan dan pengarahan teknik ujian.

Persyaratan Uji Kompetensi

  • Surat Keterangan dari LPP Graha Wisata
  • Foto 3 x 4 sebanyak 3 Lembar (backgroud merah)
  • Foto Copy Ijazah terakhir
  • Sertifikat OJT
  • Job Description/ SOP Departemen yang dipilih

 

Share this post