Jurusan

Daftar 12 Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS Gaji Tinggi & Prospek Kerja Luas

Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS – Masih bingung memilih jurusan kuliah? Jika Anda seorang mahasiswa IPS, Anda dapat mempertimbangkan beberapa pilihan jurusan di bawah ini!

1. Jurusan Bisnis & Manajemen

Lulusan bisnis & manajemen dibutuhkan di perusahaan besar untuk membuat kebijakan, merencanakan sumber daya, mengarahkan bisnis secara keseluruhan, dan menerapkan strategi. Jika Anda memiliki jiwa wirausaha dan ingin membuka usaha sendiri, gelar ini akan menjadi bekal yang kuat bagi Anda.

2. Jurusan Ekonomi

Hampir semua pekerjaan membutuhkan lulusan ilmu ekonomi, baik di sektor swasta maupun pemerintahan. Sebab, jurusan ekonomi mengajarkan keterampilan utama yang dibutuhkan di dunia kerja. Maka tidak heran jika ilmu ekonomi selalu menjadi jurusan yang digemari oleh lulusan IPS.

3. Jurusan Komunikasi

Komunikasi selain mempelajari cara menyampaikan pesan secara efisien dan efektif juga mempelajari pemanfaatan teknologi dan penemuan-penemuan baru dari waktu ke waktu. Misalnya perkembangan internet, pengaruh media sosial, tren hiburan populer dan faktor lainnya. Dan karena tren dan teknologi selalu berkembang tanpa henti, maka konsistensi dan kualitas mata kuliah komunikasi pun ikut berubah, sehingga ilmu ini tidak pernah berhenti.

4. Jurusan Akuntansi

Jurusan akuntansi merupakan jurusan yang menggiurkan dengan gaji yang menjanjikan. Setiap perusahaan membutuhkan lulusan akuntansi untuk menghitung laba dan rugi. Selain memberikan informasi kinerja perusahaan, laporan ini juga membantu menentukan strategi perusahaan ke depan.

5. Jurusan Psikologi

Psikologi adalah studi tentang pikiran, kebiasaan dan interaksi, termasuk semua aspek pengalaman manusia. Digambarkan sebagai “cabang ilmu pengetahuan”, Psikologi berkaitan dengan penelitian dan perspektif dalam ilmu-ilmu sosial, ilmu alam, kesehatan dan humaniora, seperti filsafat. Lulusan Psikologi umumnya dibutuhkan dalam bidang manajemen sumber daya manusia. Namun tidak berhenti sampai disitu saja, prospek kerja bagi lulusan psikologi sangat luas.

Baca Juga: Inilah 8 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaru 2024

6. Jurusan Pendidikan

Saat ini Indonesia sedang berupaya meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh karena itu, tenaga ahli di bidang pendidikan semakin dibutuhkan. Dan jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, manfaat bagi pekerja di bidang pendidikan juga semakin baik. Merencanakan karir di luar negeri? Di Amerika, pekerja pendidikan dibayar hingga $86.000 per tahun.

7. Jurusan Jurnalistik

Jurnalis dapat bekerja dimana saja, seperti kantor surat kabar, majalah, penerbitan stasiun TV, radio dan masih banyak lagi. Selama bertugas, untuk memperoleh data dan materi yang akurat dan menarik, mereka perlu menghadiri berbagai acara dan pertemuan, melakukan wawancara, berkonsultasi dengan ahli atau konsultan. Setelah informasi yang diperlukan terkumpul, mereka akan mulai menulis, dan hasil tulisannya akan dipublikasikan, baik dalam bentuk cetak maupun digital.

Untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik, mereka juga perlu menguasai aspek teknis seperti menata tampilan naskah, memilih atau mengambil foto yang tepat agar bahan tulisan menjadi lebih menarik dan lain sebagainya.

8. Jurusan Sastra

Lulusan sastra biasanya sangat memahami makna tersembunyi dalam sebuah percakapan, cerita atau pernyataan. Karena sastra mempelajari banyak ilmu, dan memahami pikiran manusia, maka sastra mempelajari banyak keterampilan yang dapat ditransfer, sehingga pilihan pekerjaan setelah lulus tidak terbatas pada bidang sastra seperti penulis, penerjemah, atau guru. Sastra juga merupakan salah satu bentuk hiburan bagi manusia, baik berupa bacaan seperti novel, lagu, atau film berdasarkan suatu zaman atau latar belakang sejarah. Semua ini tidak akan ada tanpa sastra.

9. Jurusan Desain Grafis

Jika Anda menyukai desain dan multimedia, Anda mungkin mempertimbangkan desain grafis atau desain grafis. Jurusan ini memadukan seni desain tradisional dengan teknologi digital. Tujuannya adalah dengan menggunakan seni dan teknik komunikasi untuk memberikan informasi yang mempengaruhi sasaran/audiens untuk menerima informasi tersebut, baik melalui iklan TV, spanduk, baliho dan media lainnya.

10. Jurusan Hukum

Jurusan hukum identik dengan jurusan yang keren dan mempunyai prospek kerja yang menjanjikan. Namun, mempelajari hukum membutuhkan dedikasi yang besar, membutuhkan berjam-jam membaca, meneliti setiap kasus, dan bahkan terjun ke lapangan untuk melakukan penelitian.

Dibutuhkan daya ingat yang baik untuk mengingat banyak detail seperti nama, tanggal, petunjuk penting lainnya. Tetap fokus dan jeli, berpikir cepat di bawah tekanan juga sangat penting untuk sukses di bidang ini.

11. Jurusan Hubungan Internasional

Hubungan internasional atau hubungan internasional merupakan suatu ilmu sosial. Di universitas luar negeri, istilahnya bisa berbeda-beda, mulai dari International Studies, International Relations hingga Global Affairs. Secara umum, bidang ini mempelajari cara berkomunikasi dan berdiplomasi dengan orang asing. Oleh karena itu, Anda harus memahami budaya, etika, dan adat istiadat berbagai belahan dunia. Lulusan departemen ini sangat menguasai bidang perikanan, antara lain: negosiator, peneliti, diplomat, penerjemah, konsultan, dosen, guru bahkan wirausaha.

12. Jurusan Sosiologi

Sosiologi adalah ilmu murni yang menganalisis masyarakat. Selain mempelajari teori, departemen ini juga banyak melaksanakan praktikum analisis perilaku masyarakat sesuai topik yang diberikan. Sosiolog dibutuhkan di berbagai bidang, misalnya pada instansi pemerintah, dimana sosiolog akan melakukan penelitian dan hasil penelitian tersebut akan memberikan masukan kepada pemerintah mengenai kebijakan yang akan dilaksanakan di masa yang akan datang. Tidak hanya terbatas pada bidang pemerintahan, sosiologi juga diperlukan untuk semua bidang yang berkaitan dengan permasalahan sosial.

admin

Recent Posts

5 Tempat Wisata Di Sumatera

Tempat wisata di Sumatera , Sumatera adalah salah satu dari lima  pulau terbesar di indonesia…

13 jam ago

Pantai Pulau Pahawang, Wisata Alam Lampung

Pantai pulau pahawang, merupakan wisata alam yang berada di kabupaten pesawaran provinsi lampung. Pahawang menyimpan…

15 jam ago

Kumpulan Universitas Terbaik Di Dunia Tahun 2024 Dari Times Higher Education

Universitas Terbaik Di Dunia - Masih bingung mencari universitas di luar negeri? Times Higher Education…

2 bulan ago

Inilah 8 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaru 2024

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi - Ilmu komunikasi atau ilmu komunikasi merupakan suatu jurusan yang…

2 bulan ago

Mengenal dan Prospek Kerja Jurusan Human Resources – HR

Human Resources (HR) atau Sumber Daya Manusia (SDM) - Dalam bahasa Indonesia Human Resources adalah…

2 bulan ago

Info Dan Pendaftaran Graha Wisata Semarang Jurusan Pramugari

Graha Wisata Semarang Jurusan Pramugari - Ini merupakan program singkat grawis semarang untuk membantu mewujudkan…

2 bulan ago