Jurusan

Mengenal dan Prospek Kerja Jurusan Human Resources – HR

Human Resources (HR) atau Sumber Daya Manusia (SDM) – Dalam bahasa Indonesia Human Resources adalah merupakan suatu divisi atau bagian yang sangat penting dalam suatu organisasi/perusahaan. Mereka adalah pilar kesuksesan sebuah perusahaan. Tugasnya adalah mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan ketenagakerjaan. Mengapa penting, karena tanpa karyawan suatu perusahaan tidak dapat berjalan. Jadi tugas jurusan HR adalah memastikan karyawan mendapatkan haknya dan puas dengan pekerjaannya.

Bagaimana Cara Bekerja di Bidang HR?

Untuk menjadi staf HR biasanya Anda harus memiliki latar belakang pendidikan Psikologi, Manajemen Human Resources, Hubungan Masyarakat, Teknik Industri dan Hukum. Kedepannya setiap bidang ilmu akan memiliki pendekatan atau bidang spesialisasi masing-masing meskipun berada dalam satu divisi yaitu SDM.

Apa saja Bagian dari SDM?

Walaupun kurikulum tiap universitas berbeda-beda, secara umum Apa Itu Human Resources/SDM terdiri dari tujuh bagian. Mulai dari rekrutmen, pelatihan karyawan, tunjangan karyawan, kompensasi bagi karyawan yang mengundurkan diri, struktur organisasi, kepatuhan internal dan manajemen kinerja. Berikut ini gambaran masing-masing tugas dan tanggung jawab pada Jurusan HR:

Rekrutmen & Seleksi

Semua perusahaan menginginkan karyawan yang bertalenta, berkinerja tinggi dan mempunyai sikap kerja yang baik. Tugas bagian rekrutmen SDM adalah mencari dan menyeleksi pekerja yang sesuai dengan permintaan perusahaan. Mereka tidak hanya sekedar memilih karyawan berdasarkan pengalaman kerja, prestasi akademik, atau kepribadian saja, namun semua itu harus sesuai dengan budaya kerja perusahaan. Biasanya bagian ini akan hadir pada pameran karir, ngobrol dengan mahasiswa, atau menjadi juri saat wawancara rekrutmen karyawan. Setelah itu mereka akan menganalisis apakah kandidat tersebut cocok untuk bergabung dengan perusahaannya.

Kompensasi dan Tunjangan Manajemen

Bagian ini mengatur gaji dan tunjangan bagi seluruh karyawan di perusahaan. Mulai dari penentuan gaji, besaran bonus, asuransi dan pensiun, bagian ini bekerjasama erat dengan bagian akuntansi.

Pelatihan

Seperti namanya, bagian ini merencanakan dan mengelola kinerja atau pengembangan pribadi karyawan, baik itu mengajarkan keterampilan atau motivasi baru. Bagian ini juga bertugas untuk mengetahui apakah ada keterampilan baru yang perlu dipelajari karyawan demi kelangsungan atau kemajuan suatu perusahaan. Kemudian mereka akan menerapkan dan mengevaluasi apakah solusi yang mereka terapkan sudah efektif. Jurusan ini melibatkan banyak perhitungan dan dokumen.

Hubungan Karyawan

Bagian ini bertugas menjaga kesejahteraan pegawai. Karyawan yang puas dan senang terhadap pekerjaannya akan memberikan pengaruh positif bagi kemajuan perusahaan. Bagian ini juga bertugas untuk membina atau mempererat hubungan antara karyawan dan perusahaan, misalnya dengan mengadakan pertemuan, acara, menyediakan fasilitas untuk kesejahteraan karyawan, misalnya fasilitas penitipan anak di kantor, counter makanan ringan di kantor, voucher pijat atau kelas yoga. . gratis dan sebagainya. yang membuat karyawan merasa diperhatikan oleh perusahaan, dan tidak sekedar dianggap sebagai pekerja.

Departemen ini penting, karena perusahaan ingin mempertahankan karyawan yang berkinerja baik. Hal ini lebih menguntungkan dibandingkan perusahaan harus mencari orang baru dan melatih mereka dari awal. Jika kamu masuk jurusan ini, kamu juga akan belajar tentang psikologi dan motivasi.

Struktur organisasi

Bagian ini biasanya ada pada perusahaan-perusahaan besar. Divisi ini bertugas menciptakan atau memelihara struktur organisasi yang efisien, sehingga proses bisnis dapat berjalan efektif. Salah satu tugas divisi ini adalah membuat struktur organisasi yang memuat alur-alur koordinasi dalam perusahaan. Struktur ini juga dapat membuat proses pengambilan keputusan di perusahaan berjalan secara terpusat atau one stop system.

Tak hanya itu, dengan adanya divisi yang menangani struktur organisasi ini, perusahaan dapat dengan mudah memetakan perkembangan dan pertumbuhan karyawannya. Hal ini memungkinkan untuk menarik dan mempertahankan karyawan yang berkinerja tinggi.

Kepatuhan Sumber Daya Manusia

Departemen SDM bertindak sebagai penegak hukum di perusahaan, memastikan kepatuhan karyawan terhadap kode etik dan peraturan ketenagakerjaan. Mereka mengatur hal-hal seperti jam kerja, PHK, anti diskriminasi, dan cuti medis atau keluarga. Selain itu, mereka memberikan informasi mengenai cedera kerja, memelihara buku pegangan karyawan, dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan negara bagian dan lokal mengenai kompensasi, tunjangan, dan peraturan bangunan.

Baca Juga: Info Dan Pendaftaran Graha Wisata Semarang Jurusan Pramugari

Manajemen kerja

Setujukah Anda jika perusahaan yang memiliki manajemen kinerja yang baik bisa membuat karyawannya semangat bekerja? Jadi, tim HR yang khusus menangani manajemen kinerja bertugas memastikan komunikasi dan koordinasi antara atasan dan bawahan bisa terbuka dan efektif. Dengan manajemen kinerja, perusahaan dapat mengidentifikasi karyawan mana yang cocok untuk mengerjakan suatu proyek, pelatihan apa yang relevan dengan kebutuhan pengembangan karyawan, dan alat apa saja yang dibutuhkan. Harapannya, karyawan dapat merasa dihargai oleh perusahaan sehingga dapat bekerja lebih baik lagi di perusahaan.

Prospek Karir dan Peluang Kerja bagi Lulusan HR

Jurusan HR mempunyai prospek kerja yang sangat luas. Anda bisa bekerja di berbagai industri, mulai dari organisasi, instansi kesehatan, rumah sakit, lembaga pendidikan, hingga instansi pemerintah. Setelah lulus dari jurusan HR, Anda dapat memilih untuk berkarir di bidang tertentu. Jika Anda juga memiliki kualifikasi dari jurusan lain seperti keuangan, hukum, dll, maka peluang kerja Anda juga akan lebih luas.

Sebagian besar lulusan Sumber Daya Manusia (SDM) akan bekerja sebagai:

  • 1. Merekrut staf
  • 2. Perumahan staf dan kesejahteraan kerja
  • 3. Pelatihan staf dan pengembangan karyawan
  • 4. Staf SDM

Di Indonesia, penghasilan awal bekerja di bidang HR berbeda-beda, tergantung kualifikasi yang dimiliki, besar kecilnya perusahaan, dan bidang pekerjaannya. Namun secara umum penghasilan kerja berkisar 6 juta per bulan.

Jika kamu belajar HR di luar negeri, kamu berpotensi untuk bekerja dan berkarir di negara tersebut setelah menyelesaikan studimu. Prospek dan potensi pendapatannya juga relatif lebih tinggi. Berikut ini contoh prospek karir lain bagi lulusan HR dengan perkiraan gaji rata-rata, khususnya di luar negeri:

Asisten HR

Posisi ini merupakan salah satu profesi yang banyak dipilih oleh lulusan baru jurusan HR. Di sini, Anda bertugas mengelola proses yang sedang berjalan, memelihara catatan karyawan, dan membantu departemen tunjangan untuk mengelola proses administrasi gaji dan tunjangan bagi karyawan. Asisten SDM dapat memperoleh Gaji Rata-rata: $16,29 per jam.

Administrator Manfaat (Administrator Manfaat)

Administrator Tunjangan bertanggung jawab untuk memasukkan pilihan tunjangan karyawan ke dalam sistem SDM. Peran ini memerlukan pemahaman tentang administrasi tunjangan karyawan serta penggajian. Manfaat yang dapat diperoleh administrator atau Gaji Rata-rata: $17,15 per jam

Spesialis Penggajian (Spesialis Penggajian)

Payroll Specialist bertanggung jawab penuh atas proses penggajian, termasuk mengirimkan slip gaji dan administrasi penggajian. Mereka harus memahami seluk beluk proses penggajian. Pembayaran Rata-rata adalah $19,68 per jam.

Selain itu, terdapat juga karir lain di bidang HR seperti Training Manager, Compensation Specialist, Employee Relations Manager, Benefits Manager, bahkan Manajer Sumber Daya Manusia (HR Manager) yang berperan penting dalam mengkoordinasikan berbagai fungsi HR dalam suatu organisasi.

Semakin tinggi jenjang karir HR Anda, semakin tinggi pula gaji yang Anda terima. Misalnya, seorang Manajer Sumber Daya Manusia (Manajer SDM) memiliki gaji rata-rata sekitar $73,738 per tahun. Namun perlu diingat bahwa gaji dapat bervariasi berdasarkan pengalaman, lokasi geografis, dan sektor industri tempat Anda bekerja.

Pilihan karir di bidang SDM sangat luas, dan seiring dengan bertambahnya pengalaman dan kualifikasi, Anda memiliki peluang untuk mendapatkan gaji yang kompetitif di industri ini. Hal ini menjadikan SDM sebagai bidang yang menjanjikan untuk dikembangkan sebagai karir.

admin

Recent Posts

5 Tempat Wisata Di Sumatera

Tempat wisata di Sumatera , Sumatera adalah salah satu dari lima  pulau terbesar di indonesia…

14 jam ago

Pantai Pulau Pahawang, Wisata Alam Lampung

Pantai pulau pahawang, merupakan wisata alam yang berada di kabupaten pesawaran provinsi lampung. Pahawang menyimpan…

15 jam ago

Kumpulan Universitas Terbaik Di Dunia Tahun 2024 Dari Times Higher Education

Universitas Terbaik Di Dunia - Masih bingung mencari universitas di luar negeri? Times Higher Education…

2 bulan ago

Daftar 12 Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS Gaji Tinggi & Prospek Kerja Luas

Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS - Masih bingung memilih jurusan kuliah? Jika Anda seorang mahasiswa…

2 bulan ago

Inilah 8 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaru 2024

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi - Ilmu komunikasi atau ilmu komunikasi merupakan suatu jurusan yang…

2 bulan ago

Info Dan Pendaftaran Graha Wisata Semarang Jurusan Pramugari

Graha Wisata Semarang Jurusan Pramugari - Ini merupakan program singkat grawis semarang untuk membantu mewujudkan…

2 bulan ago